dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K) : Lebih Dari 60% Nyeri Tulang Belakang Dialami Oleh Perempuan



Jakarta - Hallo Sahabat Blogger kali ini penulis mau bercerita mengenai pengalaman hadir dalam Blogger & Vlogger Gathering bertajuk Nyeri Tulang Belakang dengan narasumber Bapak dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K) pada Minggu di Lobby Poliklinik RS Premier Jatinegara, Desember 2019, lalu.

Banyak orang salah persepsi mengenai penyakit tukang belakang dimana ternyata nyeri tulang belakang merupakan salah satu alasan untuk seseorang bolos dari pekerjaannya dan berpura-pura mencari pengobatan. Pada beberapa kasus nyeri tulang belakang dapat menyebabkan kecacatan, keterbatasan disabilitas yang mengenai semua kalangan usia dan biasanya lebih dari 60% nyeri tulang belakang banyak terjadi oleh perempuan.



dr. Wismaji menuturkan bahwa masalah  nyeri tulang belakang tersebut dapat terjadi akibat terkena gangguan seperti saraf, bantalan tulang, kerusakan akibat adanya tarikan, posisi yang tidak baik seperti aktivitas yang menyebabkan tarikan otot, mengangkat sesuatu yang terlalu berat, membuat gerakan secara tiba-tiba/gerakan yang canggung, gerakan memutar yang tidak baik, batuk, bersin, mendorong, menarik sesuatu, berdiri terlalu lama dan menari lalu dapat pula terjadi akibat kondisi medis (sakit bawaan, pecah, trauma, infeksi, gangguan tidur, ginjal dll)

"Kenapa kok bisa nyeri tulang belakang, tulang belakang kita itu sangat rumit sekali, ada ratusan otot dan tulang yang jumlahnya sebesar 33 ruas. Biasanya di daerah leher dan pinggang tersebut tidak ada iganya karena tidak memiliki cincin. Diantara cincin itu ada bantalan yang mempunyai umur, dimana bisa rusak jika kita tidak bisa digunakan dengan baik"ungkap dr.Wismaaji



Faktor resiko orang yang terkena nyeri tulang belakang yaitu: atlet, gaya hidup yang ingin keliatan tinggi, orang tua, gemuk, merokok, pekerjaan yang terlalu memaksakan diri apalagi dilakukan dengan cara yang tidak benar dan biasanya nyeri tulang belakang banyak terjadi oleh perempuan biasanya terkait dengan perasaan, mood, kecemasan dll.

Gejalanya yang dialami jika terkena penyakit nyeri tulang belakang yaitu: nyeri baik itu dileher, punggung, pinggang maupun tulang kotor, kadang-kadang nyerinya jauh dari tulang belakang mislanya jempol, kakinya, telapak tangan biasanya diabisa hilang sendiri tanpa pengobatan tapi beberapa hal membutuhkan dokter.

Kapan ke dokter? Jika nyeri tulang belakang dapat menyebabkan penurunan tulang belakang, pembengkakan, atau nyerinya berada pada arah kaki atau tumit, ada kejadian cedera sebelumnya, gangguan berkemih, gangguan bab, kesemutan dll.



Bagaimana pengobatannya: biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun kadangpula perlu dengan obat-obatan, dan tindakan secara bertahap seperti terapi elektrik, diberi injeksi pada daerah yang nyeri, di botox, cbt, yoga, tens.

Setelah mendapatkan informasi seputar nyeri tulang belakang langsung dari bapak dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K), aku jadi lebih menjaga tulang belakang dengan cara memperbaiki postur atau posisi duduk, berdiri, tidur yang baik agar nantinya bantalan tulang duduk akan teroptimalisasi dan tidak cepat rusak seperti yang diungkapkan bapak dokter. Apalagi aku sebagai seorang perempuan yang rentan terkena nyeri tulang belakang, benar-benar harus ekstra waspada dalam menjaga pola makan dan posisi-posisi untuk kedepannya.



Sekilas Info RS Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit yang beralamat di JL. Raya Jatinegara Timur No.85-87, Jakarta 13310-Indonesia dimana memiliki berbagai fasilitas salah satunya adalah Premier Executive Clinic yang dirancang untuk pasien yang membutuhkan akses cepat dengan waktu yang terbatas. Klinik ini juga melayani kasus-kasus non-emergensi dan pengobatan yang reguler antara lain spesialisasi dan sub-spesialisasi : Penyakit Dalam, Penyakit Dalam-Endokrin& Metabolik, Penyakit Dalam- Gastro-Hepatologi, Penyakit Dalam-Nefrologi, Jantung&Pembuluh Darah, Saraf, THT, Mata  Bedah Ontologi, Kebidanan dan Penyakit Kandungan.

Info selengkapnya dapat dilihat melalui website RS Premier Jatinegara di www.ramsaysimedarby.co.id atau dapat melalui Call Centre: 1500908 | Fax:62-21 2800 755 | Business Support:62-21 2800888.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANRI dan BPIP Adakan Seminar Sumpah Pemuda Untuk Generasi Milenial

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD

SOGO KELAPA GADING MALL MANJAKAN PARA PELANGGAN SETIA DENGAN TAMPILAN BARU DAN KOLEKSI CHRISTMAS TERKINI.