Community Screening Film Demain 2015.



Jakarta, 15 Desember 2019 - Hallo Sahabat Blogger kali ini aku mau cerita tentang film Demain/ Tomorrow yang ditayangkan pada acara Community Screening kerja sama Bugreen dan WWF di Auditorium IFI Thamrin, Jakarta.

Film ini diproduksi tahun 2015 oleh , Cyril Dion. Salah satu film dokumenter yang bercerita bagaimana seluruh dunia ingin tumbuh dan bekembang dengan SDA yang ramah energi, termasuk salah satunya adalah makanan/food.

Film dokumenter ini juga turut mewawancaraj berbagai pakar di seluruh dunia, untuk mengetahui bagaimana sih kita sebagai manusia untuk dapat menyelamatkan bumi menjadi lebih hijau dan berkelanjutan.



Tidak lupa juga, film ini memberikan hasil-hasil dari program-program yang dicanangkan di berbagai belahan dunia untuk mendukung renewable energy dan ekoagronomi di wilayahnya..

Salah satu contohnya adalah kota di Prancis bersama kepala kotanya mencanangkan menanam pohon di sekeliling kota dimana masyarakat dan pemerintah bahu membahu untuk menciptakan kota menjadi lebih ramah lingkungan, produktif dan berkelanjutan. Bisa bayangkan mereka menanam lebih dari 200 species tanaman buah dan sayuran di sekeliling kota dan semua orang dapat menikmatinya secata gratis. #ga kebayang kalau sampai ada di negara Indonesia bakalan seperti apa.



Masyarakat disana benar-benar sayang terhadap kotanya dan ga merusak gitu aja, ngambil ya secukupnya. Kemudian para kru film juga turut wawancara kepala daerahnya bernama Malik, katanya program itu sudah dilakukan sejak tahun 2012, dan semua orang ga masalah sama sekali, mereka yang punya lahan juga malah menyambut dengan sukacita bahwa tanam menanam sendiri merupakan salah satu wujud masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan agar terus berkelanjutan selama-lamanya.

Banyak banget chapter yang dibahas mulai dari ekonomi, sosial, lingkungan, energi, pendidikan dll. Tapi kali ini aku mau cerita mengenai energi terbarukan aja ya..

Dalam chapter energi terbarukan sendiri ada salah satu negara yang udah menciptakan sumber daya terbarukan ialah negara Jerman. Negara Jerman saat ini sudah sangat mendukung  program lingkungan berkelanjutan yang ramah lingkungan salah satunya adalah dengan menerapkan rumah panel surya ke 12.000 rumah di jerman, lalu pemindahan energi batubara menjadi enegri geothermal, dan tidak lupa juga kincir angin yang mendukung energi terbarukan sendiri.



Selesai film diputar, kita langsung diskusi sama pakar-pakar pemerhati lingkungan di Indonesia yakni, Mba Nadine Alexandra, Helga Angelina dan Maggie dari WWF yang intinya adalah Indonesia dapat melakuka itu semua dengan adanya koordinasi antara masyarakat dengan pemerintah itu sendiri.

Kesimpulannya adalah, semua negara nantinya akan mengalami kehabisan energi maka solusinya adalah terus menggayangkan energi terbarukan walaupun untuk pengelolaan sendiri baru sekitar 10% tapi Indonesia di tahun 2045 bakalan terus meningkatkan produksi energi terbarukan bersama seluruh masyarakat di selurun provinsi di Indonesia. Maju Terus Indonesia dengan pengendalian lingkungan yang berkelanjutan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANRI dan BPIP Adakan Seminar Sumpah Pemuda Untuk Generasi Milenial

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD

SOGO KELAPA GADING MALL MANJAKAN PARA PELANGGAN SETIA DENGAN TAMPILAN BARU DAN KOLEKSI CHRISTMAS TERKINI.