Pemanfaatan Layanan Telemedik untuk Pencegahan dan Penanganan COVID – 19


JAKARTA – Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi telemedik atau _telemedicine_ untuk upaya pencegahan dan penanganan COVID -19. Melalui telemedik, masyarakat dapat lebih siap secara dini dalam pencegahan dan penanganan menghadapi penyakit yang disebabkan SAR-CoV-2 atau COVID – 19.

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Aliansi Telemedik Indonesia (Atensi) memanfaatkan telemedik yang berbasis internet untuk memberikan beberapa pelayanan terkait _Coronovirus disease_ 2019 atau COVID -19. Manfaat itu mulai penyediaan informasi sebagai upaya edukasi dan kesiapsiagaan hingga berkonsultasi secara interaktif atau _online_.

Melalui layanan yang diakses secara _online_ dengan perangkat gawai dan computer, berbagai informasi penting dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, seperti contoh cuci tangan yang benar, etika batuk maupun _physical distancing_.

Di samping itu, layanan ini membantu pemerintah dalam memberikan informasi COVID-19 yang benar sehingga masyarakat dapat mengantisipasi berita palsu (hoaks) maupun mengurangi kepanikan.

Manfaat penting lainnya yaitu pemberian informasi mengenai tingkat risiko warga terhadap COVID-19. Melalui layanan ini, masyarakat dapat meminimalkan kunjungan ke fasilitas kesehatan sehingga isolasi mandiri dan _social distancing_ dapat lebih efektif. Cara seperti ini diharapkan dapat membantu fasilitas kesehatan untuk lebih fokus terhadap penanganan pasien positif COVID-19.

Bagi masyarakat yang berisiko tinggi pengidap COVID – 19, layanan ini terhubung dengan fasilitas kesehatan terdekat maupun rumah sakit rujukan sesuai dengan protokol resmi pemerintah.

Layanan telemedik ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Kesehatan dan Atensi pada Kamis lalu (19/3). Sebanyak dua belas perusahaan digital yang tergabung dalam Atensi siap untuk bersinergi dengan pemerintah. Perusahan tersebut DokterSehat, Alodokter, Halodoc, SehatQ, KlikDokter, Good Doctor Technology Indonesia, ProSehat, Link Medis Sehat, Klinikgo, Perawatku.id, Aveecena dan Docquity.

Jangkauan layanan telemedik ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah-wilayah terindikasi rawan penyebaran COVID – 19.

Seperti halnya kerja sama tersebut, Kementerian Kesehatan juga menggandeng Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) untuk memberikan layanan khusus pemeriksaan atau _screening_ awal COVID – 19. Mekanisme layanan melalui tanya-jawab secara _online_ dengan _platform_ GrabHealth yang didukung oleh Good Doctor.

Keistimewaan layanan ini, warga atau pengguna dapat berkonsultasi dengan mitra dokter siaga 24/7 dan bebas biaya. .
Pada layanan yang melibatkan Good Doctor, mitra dokter mendapatkan bekal secara langsung dengan satu pedoman konsultasi yang terstruktur, bekal rekomendasi medis yang akurat, dan berbagai informasi terkini mengenai wabah COVID-19 dari Kementerian Kesehatan. Hal tersebut untuk memastikan kualitas layanan yang baik, andal dan akurat.

Selain itu, konsultasi melalui mitra doctor pengguna dapat mengetahui risiko COVID – 19 pada tingkat rendah atau sedang. Kemudian, mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri sendiri. Namun, apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko tinggi, mitra dokter dapat merekomendasikan pengguna untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19.

Layanan GrabHealth ini dapat diakses pengguna Grab di  beberapa wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya,Malang, Sidoarjo, Denpasar, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado.

Rilis diterima dari Bapak Agus Wibowo selaku
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANRI dan BPIP Adakan Seminar Sumpah Pemuda Untuk Generasi Milenial

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD

SOGO KELAPA GADING MALL MANJAKAN PARA PELANGGAN SETIA DENGAN TAMPILAN BARU DAN KOLEKSI CHRISTMAS TERKINI.