TOPI DIKSI Bersama Masyarakat Ekonomi Syariah


Jakarta, 21 Januari 2020 - Hallo Sahabat Story Blogger, kali ini aku mau cerita tentang investasi syariah berjenis reksadana. Penulis mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam TOPI DIKSI (Tongkrong Ngopi Diskusi) dengan tema "Cerdas Mengatur Keuangan di Era Digital dengan Reksadana Syariah" yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pada Hari, Tanggal Selasa, 21 Januari 2020 pukul 16.00-19.00 WIB bertempat di Kantor Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, Jl. Tebet Dalam IV E No. 70, Tebet - Jakarta Selatan.

Diskusi pertama dibuka oleh Direktur X Dana Investa Indonesia, Imas Suryati Sihombing yang mengenalkan X- Dana Investa Indonesia.

Beliau menjelaskan mengenai X- Dana yang merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 2015, dan telah memperoleh izin dari OJK untuk melakukan kegiatannya sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dan sebagai Penasihat Investasi. Xdana memiliki platform investasi reksa dana online dan juga memiliki beberapa app yang dapat di-download melalui Appstore dan Playstore yaitu XSaver, Xdana Pro dan Xdana Syariah.Dan jangan salah Xdana ini sudah mendapat izin dari Perusahaan Efek, Agen Penjual Reksadana Online dan Penasihat Investasi.


Lanjut ke Xdana terbagi menjadi beberapa jenis: Xdana Pro merupakan Marketplace bagi para investor yang ingin berinvestasi pada produk reksa dana sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko investor, Xdana Syariah, Aplikasi reksa dana Syariah pertama di Indonesia, yang menyediakan produk-produk reksa dana berbasis Syariah,dan Xdana Saver merupakan Aplikasi yang menyediakan satu produk reksa dana rekomendasi, dengan likuiditas tinggi, kinerja yang stabil dan imbal hasil yang kompetitif dibandingkan produk perbankan dengan profil risiko yang paling rendah.

Karena TOPI DIKSInya ngomongin masalah syariah jadi mba Imas langsung mengerucut ke XDana Syariah, hal ini dilatarbelakangi oleh populasi masyarakat muslim di Indonesia sebesar 209,1 Juta Jiwa atau sekitar 87,2% dan jumlah investor reksana lumayan cukup banyak loh yaitu sebesar 93.672 orang dan untuk institusi sendiri sebanyak 470 institusi.

Apa sih itu reksadana syariah?
Reksa Dana Syariah merupakan salah satu wadah investasi kolektif yang dikelola oleh Manajer Investasi dengan cara menginvestasikan dana kelolaan ke efek syariah berupa saham syariah, sukuk, atau instrument syariah lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Terus perbedaanya dengan reksadana konvensional?
Berikut aku lampirin bagan perbedaan, keunggulan dan keuntungannya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANRI dan BPIP Adakan Seminar Sumpah Pemuda Untuk Generasi Milenial

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Yarsi (RSGM YARSI)

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD