PB PAPDI Gelar Seminar Tentang Virus Corona




Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI), cq. Bidang Humas, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan seminar mengenai Virus Corona pada Rabu, 29 Januari 2020 di Hotel Ibis Senen Jakarta Pusat

Kenali Wuhan Corona Virus dan Cegah Penularannya Wuhan Corona virus adalah virus yang munu pertama kali di kota Wuhan, China dan merupakan kelompok Corona virus jenis baru dengan nama 2019-nCov.


Merebakan Corona virus yang dimulai dari kota Wuhan di China membuat dunia khawatir. Terlebih virus yang disebut mirip Sindrom Pernapasan Akut (SARS) ini sudah menjangkiti lebih dari 1900 ordng dengan 56 orang korban meninggal. Wuhan Corona virus saat ini juga sudah menyebar ke beberapa negara lainnya.

Wuhan Corona Virus diduga bersitat zoonosis, yang artinya penularannya terjadi antara hewan ke manusia. Namun seiring dengan bertambahnya kasus sampai dengan saat ini, pemerintahan China mengkonfirmasi bahwa telah terjadi penularan antar manusia.


Gejala yang dilaporkan bila seseorang tertular Wuhan Corona virus ini adalah demam, batuk, hingga kesulitan bernapas, dan pada kasus yang lebih parah, infeksi Corona virus ini dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, hingga komplikasi gagal ginjal dan bahkan kematian. Berdasarkan data kesehatan saat ini, belum ada vaksinasi maupun pengobatan yang tersedia untuk infeksi dari 'Wuhan Corona virus.

Para pakar dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) yang menyampaikan presentasi terdiri Konsultan Penyakit Tropik Infeksi FKUL-RSCM, dr. Adityo Susilo, SpPD, K-PTI, FINASIM dengan tema Mengenal Infeksi Novel Corona Virus, dan Konsultan Pulmonologi FKUI-RSCM, Dr. dr. Cleopas Martin Rumende, SpPD, K-P, FINASIM, FCCP dengan tema Tanda dan Gejala Novel Corona virus, serta dari Sekretaris Direktorat Jenderal P2P Kemenkes RI dengan tema Kesiapan Kemkes dalam menghadapi outbreak Novel Corona Virus.

Melalui acara PAPDI Forum ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) berharap mampu memberikan informasi dan pemahaman yang baik dan benar kepada masyarakat tentang bahaya Corona virus dan upaya pencegahannya di masyarakat, dan informasi yang didapat diharapkan dapat disebarluaskan kepada lingkungan terdekat agar dapat memberi manfaat seluas luasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANRI dan BPIP Adakan Seminar Sumpah Pemuda Untuk Generasi Milenial

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Yarsi (RSGM YARSI)

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD