LSI Merilis Temuan Survei Nasional Bertema "Persepsi Publik Terhadap Negara-negara Paling Berpengaruh di Asia"



Jakarta, 12 Januari 2019 - LSI merilis Temuan Survei Nasional bertema "Persepsi Publik terhadap Negara-negara Paling Berpengaruh di Asia" pada Minggu, (12/01/2020) di , Menteng, Jakarta. Temuan survei SMRC menunjukkan bahwa menjelang pemilihan terjadi peningkatan jumlah orang yang percaya dengan hoax bahwa Jokowi adalah kaki tangan RRC. Yang percaya dengan hoax ini lebih banyak terdapat di kalangan pendukung Prabowo-Sandi, Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat.

Selain itu, dalam Pemilu 2019, salah satu isu yang menonjol adalah hoax atau berita palsu tentang keterkaitan Joko Widodo (Jokowi) yang kemudian terpilih sebagai presiden, dengan RRC. Kemudian yang juga lebih banyak percaya adalah dari kalangan kelas menengah, berpendidikan tinggi, di kalangan etnis di mana Prabowo-Sandi menang, serta di daerah Sumatera, DKI-Banten, dan Jawa Barat. Maka logis kalau banyak warga terutama pendukung Prabowo - Sandi memiliki penilaian yang negatif terhadap pengaruh RRC.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, Ph.D,I mengungkapkan bahwa selama sepuluh tahun terakhir, dan sepuluh tahun mendatang, tiga negara yakni AS, RRC, dan Jepang masih tetap dianggap negara-negara besar yang paling berpengaruh, baik di Asia maupun di Indonesia.

"Yang menarik adalah dominasi pengaruh AS kini dikalahkan oleh RRC. Satu dekade lalu, AS-lah yang dipandang paling berpengaruh di Asia dan di Indonesia. Kini dan sepuluh tahun mendatang, RRC  dianggap yang paling mendominasi," ungkap Djayadi

Selanjutnya Djayadi memaparkan bahwa makin dominannya RRC juga diikuti dengan makin negatifnya penilaian masyarakat terhadap pengaruh negara tersebut baik di Asia maupun di Indonesia. Sedangkan yang  memandang positif (menguntungkan) dan negatif (merugikan) pengaruh AS cenderung stabil dan berimbang dari waktu ke waktu.



Menurutnya, penilaian masyarakat terhadap negara-negara paling berpengaruh di Asia dan Indonesia tersebut berhubungan dengan sejumlah faktor seperti penilaian terhadap keadaan ekonomi, penilaian terhadap kinerja pemerintah, keberpihakan dalam pemilu/politik (partisanship), dan sejumlah faktor demografi.

Penilaian atau sentimen terhadap RRC banyak dipengaruhi oleh faktor ekonomi-politik. Kecenderungan bersikap negatif terhadap RRC terdapat pada warga yang menilai kondisi ekonomi nasional buruk, dan pemilih Prabowo - Sandi di Pemilu 2019 lalu. RRC juga cenderung dinilai sebagai ancaman terutama oleh warga yang menilai kondisi ekonomi nasional buruk, oleh pendukung Prabowo-Sandi, dan juga terutama pemilih PAN dan PKS.

"Salah satu faktor yang dapat menjelaskan tingginya sentimen negative terhadap RRC terutama di kalangan pendukung Prabowo-Sandi adalah maraknya hoax keterkaitan Jokowi sebagai kaki tangan RRC. Menurut masyarakat, negara Jepang belum tergoyahkan sebagai negara yang paling layak dijadikan model pembangunan, baik untuk Asia maupun untuk Indonesia"tutupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD

SOGO KELAPA GADING MALL MANJAKAN PARA PELANGGAN SETIA DENGAN TAMPILAN BARU DAN KOLEKSI CHRISTMAS TERKINI.

Pengalaman Ikut Acara Hobbyground Kaskus