BRI Agro Gelar RUPSLB dan Public Expose




Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) pada hari ini 27 November 2019 menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan Public Expose bertempat di Kantor Pusat BRI Agro Lantai 3 Jakarta Selatan. Rapat dihadiri oleh pemegang saham mewakili 93,89% atau sejumlah 20.040 saham dari seluruh jumlah saham yang dikeluarkan yaitu 21.343.290.230 saham. RUPSLB BRI Agro dilaksanakan dalam rangka perubahan susunan pengurus Perseroan, yang akan efektif setelah mendapat persetujuan Uji Kemampuan dan Kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diharapkan dengan adanya pengurus perseroan yang baru, dapat meningkatkan kinerja dan merealisasikan rencana bisnis BRI Agro.

Pemegang saham telah menyetujui pemberhentian Agus Noorsanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama BRI Agro, kini menjabat sebagai Direktur Kelembagaan dan BUMN Bank BRI. Setelah adanya persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka susunan pengurus BRI Agro adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris: Sdr. Ahdi Jumhari Luddin
Komisaris Independen Sdr. Anna Maria Tjiadarma
Komisaris Independen : Sdr. A.Y. Soepadmo
Komisaris Sdr. 1.B.K Suamba Manuaba")
Direksi: Sdr. Ebeneser Girsang ( Merangkap sebagai Direktur Utama)
Direktur Sdr. Herry Prayudi
Direktur Sdr. Sigit Murtiyoso
Direktur :Sdr. Ernawan



Efektif setelah mendapat persetujuan Otoritos Jasa Keuangan (OJK)

Selain mengesahkan jajaran pengurus perseroan, BRI Agro juga melaksanakan Public Expose yang bertujuan untuk memaparkan kinerja Perseroan secara berkala. Public Expose wajib dilaksanakan setahun sekali dan sebagai media penyampaian informasi perusahaan sebagai emiten. Public Expose memaparkan kinerja keuangan BRI Agro posisi Triwulan IlI Tahun 2019 unaudited yang telah dipublikasikan untuk memberikan informasi terkini kepada publik dan pemegang saham.

Kinerja Perseroan untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2019, masih menunjukan adanya pertumbuhan. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan Total Aset sebesar 19,22% secara year on year dari sebesar Rp 20,91 Triliun pada posisi 30 September 2018 (Unaudited) menjadi sebesar Rp 24,92 Triliun pada posisi 30 September 2019 (Unaudited).

Pertumbuhan total aset tersebut terjadi karena adanya peningkatan penyaluran kredit yang dilakukan oleh Perseroan. Kontribusi sektor agribisnis yang menjadi fokus perseroan sampai dengan posisi 30 September 2019 adalah salah satu penopang pertumbuhan penyaluran kredit Perseroan. Porsi penyaluran kredit kepada sektor agribisnis sendiri tercatat sebesar 56%.

Total Kredit Yang Disalurkan (KYD) pada posisi 30 September 2019 mampu tumbuh sebesar 34,61% secara year on year dari sebesar Rp 13,66 Triliun pada posisi 30 September 2018 (Unaudited) menjadi sebesar Rp 18,39 Triliun pada posisi 30 September 2019 (Unaudited). Penyaluran kredit terbagi kedalam tiga segmen bisnis yakni segmen menengah, ritel dan konsumer. Segmen yang mendapatkan porsi penyaluran kredit terbesar adalah segmen Bisnis Menengah dengan total penyaluran kredit sampai dengan 30 September 2019 adalah sebesar Rp 12,96 Triliun, menyusul segmen Bisnis Ritel sebesar Rp 4,43 Triliun dan segmen Bisnis Konsumer sebesar Rp 1 Triliun.

Seiring dengan pertumbuhan penyaluran kredit, Total Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun oleh Perseroan meningkat sebesar 24,55% secara year on year dari sebesar Rp 15,82 Tiliun pada posisi 30 September 2018 (Unaudited) menjadi sebesar Rp 19,70 Triliun pada posisi 30 September 2019 (Unaudited), sehingga rasio likuiditas yaitu LDR dapat terjaga pada level aman yakni sebesar 93,33%. Kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan DPK adalah produk deposito yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 28,64% secara year on year.



Pada Triwulan III Tahun 2019 Perseroan mencatat NPL Net sebesar 4,86% yang meningkat diandingkan periode sebelumnya sebesar 1,84% pada 30 September 2018. Peningkatan NPL tersebut terjadi karena adanya pemburukan kualitas kredit pada segmen menengah dan ritel, Sehingga kenaikan NPL tersebut menyebabkan perolehan laba menurun cukup signifikan. Untuk menekan rasio NPL, maka strategi yang dilakukan Perseroan adalah dengan melakukan restrukturisasi dan meningkatkan frekuensi lelang dengan cara pembuatan website lelang dan melakukan kerjasama dengan balai lelang swasta. Selain itu juga dilaksanakan program reward "The Lower The Better" untuk insentif dalam rangka penagihan.



Berdasarkan kondisi tersebut diatas, sampai dengan periode September 2019 Perseroan mencatatkan penurunan perolehan laba bersih sebesar Rp 15,29 Miliar (Unaudited). Sementara untuk rasio keuangan pada September 2019, dari sisi ekuitas Perseroan tetap memiliki ekuitas yang solid dengan Tier-1 CAR sebesar 23,80% dan Total CAR sebesar 24,40%. Angka tersebut masih jauh diatas ketentuan minimum yang ditetapkan oleh regulator. Selain itu tingkat likuiditas perseroan diluar rasio LDR masih tetap terjaga dengan rasio RIM berada pada level 92,87% serta GWM primer berada pada level 6,15% dan GWM Sekunder mencapai 6,5% pada posisi 30 September 2019.

Fokus perusahaan untuk tahun 2020 adalah perbaikan kualitas kredit serta pengembangan produk untuk meningkatkan CASA. Strategi perbaikan kinerja diharapkan dapat menekan rasio NPL sehingga menjadi lebih baik dan ditopang dengan pengembangan produk simpanan yang dapat meningkatkan transaksi seperti QR payment, debit card dan digital saving.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANRI dan BPIP Adakan Seminar Sumpah Pemuda Untuk Generasi Milenial

Gugus Tugas COVID-19 Sudah Distribusikan 1.492.150 APD

SOGO KELAPA GADING MALL MANJAKAN PARA PELANGGAN SETIA DENGAN TAMPILAN BARU DAN KOLEKSI CHRISTMAS TERKINI.